3 Penyebab Utama Masalah Kesehatan Gigi Anak

Anak-anak memang rentan terkena masalah gigi. Masalah kesehatan gigi yang dialami anak-anak ini beragam khususnya gigi berlubang yang menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini kemudian dapat mempengaruhi asupan gizi si kecil karena rasa sakit dapat menurunkan selera makan dan keaktifannya dalam beraktivitas fisik.

Alangkah baiknya jika para orang tua menggerti mengenai penyebab masalah kesehatan gigi anak. Dengan begitu, orang tua diharapkan dapat meminimalisir masalah gigi tersebut. Berikut beberapa penyebab masalah kesehatan gigi anak yang perlu orang tua ketahui.

  1. Penggunaan Botol Susu

Botol susu memang benda yang paling dekat dengan bayi. Namun tahukah Anda bahwa menggunakan botol susu yang dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak. Biasanya, anak-anak memilih posisi tidur untuk meminum susu. Kebiasaan ini akan membahayakan kesehatan giginya apabila dilakukan berjam-jam.

Gigi menjadi rentan akan bakteri dan asam apabila susu menempel dan menggenang di sekitar gigi dalam waktu yang lama. Bakteri akan berkembang biak di gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang. Orang tua dianjurkan untuk mengatur waktu khusus minum susu dan mengajarkan minum susu dengan gelas sesegeranya ketika anak beranjak besar.Masalah Kesehatan Gigi Anak

  1. Adanya Sisa Makanan di Gigi

Makanan yang menempel di gigi dan tidak dibersihkan dapat berubah menjadi makanan bakteri untuk berkembang biak yang lama-kelamaan akan menyebabkan gigi berlubang. Anak-anak memang memiliki gigi susu pada awalnya yang akan menentukan ruang untuk tumbuhnya gigi permanen. Jika gigi susu berlubang dan rusak, maka gigi itu tidak dapat membantu gigi permanen untuk tumbuh pada posisi yang seharusnya. Inilah yang menyebabkan gigi anak miring atau bertumpuk.

  1. Konsumsi Cokelat dan Permen

Seringnya mengonsumsi makanan ringan seperti cokelat dan permen dapat menyebabkan gingivitis atau peradagang gusi yang tentu akan sangat menggangu. Masalah ini akan diperparah apaliba anak tidak terbiasa menyikat gigi secara teratur. Gusi yang bengkak juga disebabkan oleh banyaknya bakteri yang menempel dan berkembang biak pada gigi.

Anak-anak memang tidak bisa mengatur kesehatan giginya sendiri tanpa adanya arahan dari orang tua. Bagi para orang tua, hendaknya ajarkan anak menyikat gigi secara teratur sedini mungkin. Sebelum ia bisa melakukanna sendiri, orang tua harus menyikat gigi anak bahkan sejak gigi pertama anak muncul. Sesuaikan jenis sikat gigi dan pasta gigi untuk anak serta kontrol dan batasi segala jenis makanan yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan gigi anak.