Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Muncul dan berkembangnya janin di dalam rahim sang ibu tentu menimbulkan berbagai perubahan pada diri sang ibu sendiri. Salah satu perubahan yang normal dan umumnya di alami oleh ibu hamil ialah bertambahnya berat badan ibu. Selain itu, ada beberapa efek samping kehamilan yang umum pula terjadi pada ibu hamil yaitu kaki yang membengkak. Ibu mungkin kaget dan panik ketika menemui kakinya yang bengkak ketika bangun tidur.

Kaki bengkak saat hamil ini pun timbul karena bermacam-macam sebab. Pada sebagian ibu hamil, kaki bengkak ini mungkin terjadi normal akibat respon tubuh, namun pada sebagian lainnya kaki bengkak ini bisa saja merupakan tanda adanya penyakit yang diderita oleh ibu hamil.

Kaki bengkak saat hamil terjadi karena adanya penumpukan cairan berlebih di kaki. Hormon kehamilan itu sendiri yang sebenarnya membuat tubuh menahan dan mengumpulkan cairan lebih banyak. Kaki bengkak ini biasanya terjadi pada sore hari setelah melakukan aktivitas, terutama yang melibatkan berdiri atau pada pagi hari setelah bangun tidur karena cairan yang terkumpul di kaki.

Kaki bengkak ini biasanya muncul pada ibu hamil di saat kehamilannya semakin besar. Janin yang semakin besar menghambat pembuluh darah balik. Hal ini tentu normal, namun ada salah satu penyakit yang perlu diwaspadai pada kaki bengkak saat hamil yaitu preeclampsia atau eclampsia. Penyakit ini tentu tidak dapat disepelekan. Alangkah baiknya jika ibu mengetahui cara mengatasi.

  • Istirahat yang Cukup

Ibu hamil memang sebaiknya tidak kekurangan waku istirahat dan khusus untuk menghilangkan kaki bengkak ini, hindarilah kegiatan berdiri terlalu lama. Jika Anda sedang duduk, usahakan kaki Anda berada di atas pinggang.Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

  • Makan Seimbang

Kadang, ibu hamil identik dengan makan banyak, sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah gizinya. Pastikan ibu makan dengan karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral.

  • Konsumsi Selada, Seledri, Apek dan Jeruk

Segala jenis makanan yang disebutkan di atas ini berfungsi membuang cairan yang berlebihan secara alami sehingga mampu mengurangi pembengkakakn di kaki.

  • Berenang

Olahraga seperti berenang adalah pilihan tepat untuk mengatasi kaki bengkak ini. Pasalnya, berenang dapat menguatkan otot kaki dan pembuluh darah sehingga dapat lebih baik dalam menyalurkan cairan.

Semoga informasi mengenai cara mudah mengatasi kaki bengkak saat hamil ini dapat bermanfaat. Intinya, selalu jalani pola hidup sehat.