Jenis-Jenis Papan Kayu yang Perlu Anda Ketahui

Material papan kayu memang tidak ada matinya. Sebuah bangunan ataupun furnitur yang terbuat dari bahan kayu memang memiliki keuntungan tersendiri. Kayu merupakan material yang ramah lingkungan, hemat biaya, aman, ringan, kokoh serta tahan lama plus tahan air pula.

Dengan keuntungan itu pasti wajar jika kayu masih banyak dipilih. Kayu sebenarnya merujuk pada sesuatu yang umum. Secara spesifik, kayu dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Jika Anda berniat untuk membuat furnitur atau pun bangunan dari papan kayu, maka Anda harus mengetahui jenis-jenis papan kayu terlebih dahulu agar Anda juga bisa menyesuaikan harga papan kayu yang berbeda-beda dengan budget Anda.

  • Kayu Utuh (Solid)

Anda mungkin sudah sering mendengar sebutan kayu solid atau kayu utuh. Seperti namanya, kayu ini bukan kayu buatan yang dibentuk dari sambungan atau gabungan kayu lain. Kayu ini pun diakui sebagai kayu yang paling kokoh dengan kualitas baik. Kayu solid yang biasanya digunakan untuk furnitur adalah jenis kayu jati yang memang tahan terhadap cuaca dan serangan rayap. Harga kayu solid ini ditentukan berdasarkan panjang, lebar dan tebalnya.

  • Layered (Plywood)

Kata “layered” mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Tetapi bagaimana dengan multiplex atau triplex? Pasti tidak asing bukan? Multiplex dan triplex merupakan bagian dari kayu jenis layered atau bisa disebut pula sebagai kayu lapis. Kayu lapis ini merupakan hasil perekatan dari beberapa lembar kayu triplex dengan tekanan yang tinggi.

Kayu layered ini terdiri dari beberapa jenis ketebalan. Kayu lapis yang terdiri dari 3 lapis umumnya disebut dengan triplex sedangkan yang lebih tiga lapis disebut sebagai multiplex.

  • Teakblock

Ada lagi nih satu jenis kayu yang saya rasa menggabungkan penerapan dari kayu solid dan layered. Pasalnya, kayu teakblock ini memiliki lapisan luar berupa kayu jati namun bagian dalamnya diisi dengan kayu yang lunak. Kayu ini sangat banyak digunakan di perusahaan-perusahaan mebel di negara kita.

Jenis-Jenis Papan Kayu

  • Blockboard

Blockboard merupakan kayu olahan lainnya yang umumnya berukuran 4 cm sampai dengan 5 cm dan dipadatkan menggunakan mesin khusus. Kayu blockboard terdiri dari 3 lapisan. Ada dua ketebalan yang disediakan untuk kayu jenis yang satu ini yaitu 15 mm dan 18 mm. Kayu jenis ini pun memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kayu solid.

  • Medium Density Fiberboard

Medium Density Fiberboard atau yang biasa disingkat dengan MDF merupakan kayu yang terdiri dari serbuk kayu halus yang kemudian dipadatkan alias di-press pada tekanan tinggi. Kayu jenis ini pun tidak kalah banyak peminatnya. Hal ini disebabkan oleh harganya yang relatif lebih murah jika dibangdingkan dengan jenis kayu lainnya karena terbuat dari kayu-kayu sisa. Kelemahannya, kayu ini tidak tahan terhadap air dan kelembaban.

  • Particle Board

Jenis papan kayu terakhir yang perlu Anda ketahui adalah particle board. Hampir sama dengan MDF, kayu jenis ini juga terbuat dari kayu sisa namun bahan yang digunakan lebih kasar daripada bahan yang digunakan untuk membuat MDF. Harga papan kayu ini pun dirasa paling murah.

Nah, dari semua jenis kayu di atas, Anda tentu sudah bisa memperkirakan berapa budget yang Anda keluarkan ketika Anda memilih material papan kayu untuk furnitur atau pun bangunan Anda. Semoga bermanfaat.